Hip Hop adalah salah satu jenis tarian yang biasanya menggunakan instrumen dari jenis musik hip hop, yang juga diambil dari kebudayaan hip hop Amerika. Jenis tarian yang pertama kali masuk dalam jenis tarian hip hop  adalah break dance.  Lalu sebenarnya apa sih Hip Hop dance itu?

Budaya Hip Hop

Hip Hop sendiri berkembang dari beberapa jenis kebudayaan seperti jazz, rock, tap, Amerika dan budaya Latin. Ciri khas dari hip hop sendiri adalah gerakannya yang sangat variatif dan enerjik. Hal tersebut yang  membuatnya menjadi unik, para penari pun menampilkan tarian ini dengan ciri khas gerakan yang bebas, ditambah dengan mengikuti karakter dari masing-masing penari itu sendiri. Kebudayaan hip hop ini dipengaruhi 4 elemen, diantaranya : disc jockeys (DJ), seni graffiti, rappers, dan B-boys & B-girls.

DOC. Neoskylight Media

TARIAN HIP HOP

Untuk menjadi penari Hip Hop yang baik dibutuhkan kemampuan dan pengalaman yang lebih banyak. Para penari hip hop berlatih terus menerus supaya dapat menguasai langkah-langkah dasar dalam gerakan yang akan muncul dalam setiap penampilan di panggung. Penari yang memiliki kemampuan untuk mengikuti instrumen musik akan lebih mudah mempelajari gerakan-gerakan hip hop. Kemampuan tersebut didapat dengan latihan yang disiplin, baik itu dalam latihan gerakan maupun mendengarkan instrumen musik.

BREAK DANCE

Break dance menjadi salah satu bagian dari jenis tarian hip hop yang sangat digemari semua orang. Para penari break dance dapat melakukan teknik-teknik putaran tubuh yang cepat sehingga membuatnya tampak keren.  Tarian ini telah dimulai sejak tahun 1970-an di New York tepatnya di Selatan Bronx. Untuk dapat menguasai gerakan break dance tentunya membutuhkan banyak waktu berlatih. Latihan fisik sangat dibutuhkan supaya dapat melakukan gerakan-gerakan lantai atau bawah yang sering disebut dengan “down rock”.  Sementara “up rock” adalah sebutan untuk bermacam-macam gerakan yang dilakukan penari ketika sedang beraksi di atas/ berdiri, hal itu dilakukan sebagai kesempatan untuk menunjukkan gaya mereka sendiri. Wiggin Keith “Cowboy” disebut sebagai orang yang pertama kali mencetuskan istilah tarian ini pada tahun 1978.

DOC. Neoskylight Media